Inilah Keunggulan Software HRIS untuk Perusahaan yang Wajib Anda Tahu!

by Administrator / November 01, 2022

Karyawan merupakan sumber daya perusahaan yang wajib untuk Anda kelola dengan baik. Karyawan yang kompeten dan loyal ini akan bisa menaikkan performa perusahaan. Karena alasan inilah penanganan karyawan harus dilakukan secara serius oleh Human Resources Management atau HRM.

HR ini juga memiliki tugas dan peranan penting dalam perusahaan. Tugas maupun kewajiban HR ini sangat banyak sehingga tidak jarang urusan SDM ini sering tidak maksimal. Saat HR merasakan performanya sudah tidak maksimal maka saat itulah HR membutuhkan bantuan berupa software seperti HRIS.

HRIS ini merupakan singkatan dari Human Resource Information System yang aman menjadi software aplikasi komputer yang mana bisa digunakan untuk mengatur. Selain itu HRIS juga mengelola manajemen SDM di perusahaan untuk mendung pengambilan keputusan. HRIS ini merupakan penyelesaian dari entri data, melacak data dan juga kebutuhan informasi data SDM, penggajian, manajemen maupun fungsi akuntansi di dalam sebuah perusahaan.

Keunggulan HRIS

1. Lebih hemat waktu

Inilah keunggulan software HRIS untuk perusahaan yang wajib untuk Anda perhatikan. Manfaat dan keunggulan ini yang akan perusahaan Anda rasakan saat pertama kali menggunakan software ini. Perusahaan Anda bisa mudah mengakses data sampai dengan proses penarikan data yang lebih cepat dan akurat sehingga hemat waktu. Dengan data tersebut perusahaan Anda akan bisa membuat laporan dan keputusan secara cepat dan akurat. Tidak hanya HR saja yang pekerjaannya bertambah ringan, namun karyawan juga mudah dalam mengakses data-data pribadinya.

2. Mengurangi data yang redundan dan kesalahan

Banyaknya tugas dan tanggung jawab yang harus dihandle ini membuat kesalahan data sering terjadi sehingga data tersebut tidak real time. Tidak hanya itu saja, jika masih menggunakan cara manual akan banyak kesalahan data dimana data yang sudah dicatat atau dimasukkan akan dicatat kembali ke dalam buku atau arsip manual. Berbeda dengan HRIS ini dimana data yang redundan bisa terdeteksi bahkan karyawan tidak akan bisa memasukkan data yang sama persis dan sudah masuk ke dalam sistem perusahaan Anda tersebut. Karena mengusung integrasi maka bisa segera melihat update atau perubahan yang terjadi pada data yang ada di sistem HRIS tersebut sehingga HR akan mendapatkan data yang sebenar-benarnya dan juga real time. Administrasi HR bisa dilakukan dengan baik pada sistem ini sehingga bisa meminimalisir kesalahan yang terjadi.

3. Meningkatkan produktivitas

Inilah keunggulan software HRIS untuk perusahaan yang banyak dilirik oleh perusahaan. Agar bisa meningkatkan daya saing yang dimiliki oleh perusahaan, penting untuk bisa meningkatkan produktivitas. Sebagian besar waktu HR ini akan dihabiskan untuk mengisi, menganalisis dan memanajemen data karyawan. Fokus HR sering pada administrasi perusahaan dan karyawan saja seperti formulir tunjangan, data absen, cuti dan lain sebagainya. Padahal tugas HR tidak hanya itu saja, masih ada banyak tugas HR lainnya yang mengantre. Dengan menggunakan HRIS ini bisa meningkatkan produktivitas HR secara keseluruhan. HRIS dirancang untuk digunakan untuk bisa mempercepat proses administrasi. Selain itu pekerjaan HR lainnya akan bisa dihandle dengan menggunakan HRIS ini. HRIS bisa mempersingkat dan juga memudahkan semua proses dan tugas HR sehingga tidak memakan banyak waktu maupun tenaga.

4. Hemat Pengeluaran

Keunggulan HRIS adalah bisa menghemat pengeluaran perusahaan. Waktu dan juga uang ini menjadi hal yang penting dalam bisnis. Waktu adalah uang, semakin banyak waktu dikeluarkan untuk suatu tugas maka akan semakin banyak uang yang dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan menggunakan HRIS Anda bisa mampu mengurangi pengeluaran perusahaan dalam berbagai bidang. Rekrutmen karyawan akan sangat terbantu dengan software HRIS ini, seperti yang sudah banyak diketahui bahwa perekrutan karyawan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan proses yang harus dilalui tidak sedikit. Proses perekrutan karyawan akan sangat terbantu karena tim HR tidak harus menghabiskan waktu menyimpan semua data calon karyawan yang akan bekerja dalam bentuk fisik. Tidak hanya itu saja, dalam proses administrasi dan penggajian perusahaan akan bisa menghemat pengeluaran karena lebih minim kertas.

5. Kontrol kinerja pegawai

Banyaknya karyawan membuat perusahaan tidak fokus dalam mengamati dan memberikan penilaian terhadap karyawan. Dengan menggunakan HRIS Anda bisa mengontrol kinerja pegawai dan juga membandingkan kinerjanya tersebut dengan target yang perusahaan Anda inginkan. HR bisa membuat key performance indicator yang sebelumnya sudah ditetapkan dalam HRIS ini.

6. Lebih transparan

Untuk bisa meningkatkan kepuasan dan kinerja karyawan semuanya harus transparan. Dengan bantuan HRIS ini perusahaan Anda akan bisa meningkatkan transparansi data. Karyawan bisa melihat gajinya secara transparan, lebih cepat dan tepat. Tidak hanya itu saja, kepuasan karyawan akan meningkat karena komunikasi lebih mudah. Minimnya kesalahan dalam menghitung gaji atau pajak akan membuat kepercayaan pegawai terhadap perusahaan meningkat.

Inilah keunggulan software HRIS Indonesia untuk perusahaan yang wajib untuk Anda perhatikan, pastikan jika Anda memilih software terbaik dan terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda, selain itu pilih vendor yang berpengalaman dan profesional dalam melayani kebutuhan perusahaan Anda.

For more detail information about
our solutions

For more detail information about
our solutions